RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMA.... Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas/semester : X / 1 ( satu ) Materi Pokok : Teks deskriptif lisan dan tulis tentang tempat wisata Alokasi Waktu : 1 x 45 menit KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. KI3 KI4 : : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. Kompetensi Inti Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi No. Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi 1. 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. 1.1.1 Mengikuti pelajaran dengan antusias dan bersemangat. 2 2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional. 2.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok 2.2.2 Berbicara aktif dan temannya menjadi pendengar aktif dalam kerja kelompok 3 3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya 3.7.1 Menentukan fungsi sosial dari teks deskriptif(tentang tempat wisata ), sesuai dengan konteks penggunaannya secara lisan dengan akurat, runtut dan berterima 3.7.2 Mengidentifikasi struktur teks dari teks deskriptif (tentang tempat wisata ), sesuai dengan konteks penggunaannya secara lisan dengan akurat, runtut dan berterima 3.7.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan dari teks deskriptif(tentang tempat wisata ), sesuai dengan konteks penggunaannya secara lisan dengan akurat, runtut dan berterima 4 4.8 4.9 4.10 Me Menangkap makna dalam teks deskriptif, lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal. Menyunting teks deskriptif tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. 4.8.1 Menemukan informasi tertentu dan rinci dari teks deskriptif (tentang tempat wisata ) secara lisan dengan akurat, runtut dan berterima. 4.9.1 Menanggapi teks deskriptive tertulis tentang tempat wisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks secara lisan dengan akurat, runtut dan berterima 4.10.1 Menyatakan teks deskriptif (tentang tempat wisata ) secara lisan dengan akurat, runtut dan berterima. Tujuan Pembelajaran Pertemuan Pertama Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat: 1.1.1.1 Mengikuti pelajaran bahasa Inggris dengan antusias dan bersemangat; Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok; Berbicara aktif dan temannya menjadi pendengar aktif dalam kerja kelompok 3.7.1. 1Menentukan fungsi sosial dari teks deskriptif(tentang tempat wisata ), sesuai dengan konteks penggunaannya Mengidentifikasi struktur teks dari teks deskriptif (tentang tempat wisata ), sesuai dengan konteks penggunaannya secara lisan dengan akurat, runtut dan berterima. Mengidentifikasi unsur kebahasaan dari teks deskriptif(tentang tempat wisata ), sesuai dengan konteks penggunaannya secara lisan dengan akurat, runtut dan berterima. Menemukan informasi tertentu dan rinci dari teks deskriptif (tentang tempat wisata )secara tepat dengan akurat, runtut dan berterima. 4.9.1.1 Menanggapi teks deskriptive tertulis tentang tempat wisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks secara lisan dengan akurat, runtut dan berterima 4.10.1.1Menyatakan teks deskriptif (tentang tempat wisata )dengan akurat, runtut dan berterima Materi Pembelajaran Fungsi Sosial : Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik, mempromosikan, dsb Struktur Teks : Penyebutan tempat wisata nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan Penyebutan tempat wisata dan bagiannya, dan Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan tempat wisata, dan yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai. Unsur Kebahasaan: Kata benda yang terkait dengan tempat wisata Kata sifat yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan. Rujukan kata Topik: Keteladanan tentang perilaku toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri. Metode Pembelajaran Scientific Approach Observation Question Explorating Associaning Networking Creating Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran Media Vidio dan Audio Alat Proyektor LCD dan spidol warna Sumber Pembelajaran www.dailyenglish.com http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files http://learnenglish.britishcouncil.org/en/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings the bell. Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif. Hal. 125. Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (5 menit ) Guru memberi salam. Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa. Guru memeriksa kehadiran siswa. Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.. Guru menayangkan gambar berbahasa Inggris untuk memotivasi belajar peserta didik. Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. Kegiatan inti (35 menit) Mengamati ( observing ) Siswa menggamati guru yang memberikan contoh sederhana Siswa mengamati deskripsi tempat wisata yang terdapat dalam tayangan di LCD ( Task 1) Siswa belajar menemukan kata kunci, , gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu Menanya ( questioning ) Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan teks deskripsi yang ada dalam bahasa Inggris. Siswa mempertanyakan informasi rinci dan informasi tertentu dari teks deskriptif ( Task 2 ) Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi ( ekploration ) Siswa secara kelompok membacakan teks deskriptif lain dari berbagai sumber dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat ( Task 3 ) Siswa berkelompok menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks deskripsi yang dibaca ( task 4 ) Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi ( asosiation ) Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis teks yang menggambarkan tempat wisata dengan fokus pada fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan. ( Task 5 ) Siswa secara menuliskan fungsi dari teks desriptif Siswa menyampaikan jawaban informasi dari teks deskriptif. Siswa lain menanggapi jawaban Mengomunikasikan ( networking ) Siswa mendengarkan teks deskriptif yang diberikan oleh guru melalui audio ( Task 6 ) Siswa berkelompok menentukan judul teks dan characteristic yang dibicarakan dalam teks desciptive. Siswa menyunting deskripsi yang disampaikan teman Mencipta ( creating) Siswa membuat deskripsi tentang tempat wisata yang mereka sukai. ( Task 7) Siswa mempresentasikan descriptive teks yang sudah diperbaiki berdasarkan masukan dari guru dan teman. (task 8) Penutup (5 menit) Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya. Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa utuk dikerjakan pada lembar kerja portofolio. Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan. Penilaian Sikap spiritual Teknik Penilaian : Tertulis Bentuk Instrumen : Learning Journal Kisi-kisi : No. Sikap/nilai Butir Instrumen 1. Kesyukuran berbicara dalam bahasa Inggris Lampiran 1 Instrumen: lihat Lampiran ... Rubrik Penilaian Sikap Spiritual No Indikator Skor 1 Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “Happy” dan “Confident” 5 2 Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “ Happy ” dan “ Confident ” 4 3 Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “ Happy ” dan “ Confident ” 3 4 Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “ Happy ” dan “ Confident ” 2 5 Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “ Happy ” dan “ Confident ” 1 Pedoman Penskoran: NA= (Skor Perolehan)/(Skor Maksimal) X 4 Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Predikat Nilai Kompetensi Pengetahuan Keterampilan Sikap A 4 4 SB A- 3.66 3.66 B+ 3.33 3.33 B B 3 3 B- 2.66 2.66 C+ 2.33 2.33 C C 2 2 C- 1.66 1.66 D+ 1.33 1.33 K D- 1 1 Sikap sosial Teknik Penilaian : Penilaian sejawat (antar teman) Bentuk Instrumen : Lembar Peer Assessment Kisi-kisi : No. Sikap/nilai Butir Instrumen Memberikan penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab Lampiran Penilaian Sikap 1-3 Instrumen: lihat Lampiran ... Rubrik Penilaian Sikap Sosial Keterangan: = 2 always = 1 Often = 0,5 seldom Contoh: Mencentang untuk seluruh pernyataan. Bila mencentang: = 2 + 2 + 2 = Skor 6 = 2 + 2 + 1 = Skor 5, dst. Bila mencentang: = 2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5 Pedoman Penskoran NA= (Skor Perolehan)/(Skor Maksimal) X 4 Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Predikat Nilai Kompetensi Pengetahuan Keterampilan Sikap A 4 4 SB A- 3.66 3.66 B+ 3.33 3.33 B B 3 3 B- 2.66 2.66 C+ 2.33 2.33 C C 2 2 C- 1.66 1.66 D+ 1.33 1.33 K D- 1 1 Pengetahuan Teknik Penilaian : Tes Tertulis Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda Kisi-kisi : No. Indikator Butir Instrumen Disajikan teks bergambar tentang tempat wisata, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.. Soal No. 1 Disajikan sebuah kalimat dengan beberapa kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan kata sifatnya dengan tepat Soal No. 2 Disajikan pertanyaan yang mengandung characteristic tentang tempat wisata tertentu, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat. Soal No. 3 Disajikan sebuah kalimat yang rumpang, siswa dapat melengkapi kalimat dengan to be ( is,am,are ) dan preposition waktu Soal No.4 Instrumen: lihat Lampiran 2 Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu) NA= (Skor Perolehan)/(Skor Maksimal) X 4 4. Keterampilan Teknik Penilaian : Unjuk Kerja Bentuk Instrumen : Tes Keterampilan Berbicara Kisi-kisi: No. Keterampilan/Indikator Butir Instrumen Disajikan sebuah jawaban pesan singkat tentang menyatakan dan menanyakan tempat wisata yang menarik di kota mereka, siswa dapat menuliskan pesan singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan berterima. Soal No. 1 Disajikan sebuah jawaban pesan singkat tentang menyatakan dan menanyakan tempat wisata yang menarik di kota mereka, siswa dapat menuliskan pesan singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan berterima Soal No.2 Instrumen: lihat Lampiran 3. Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara ASPEK KETERANGAN SKOR Pelafalan Sangat jelas sehingga mudah dipahami Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami 4 3 2 1 Tatabahasa Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami 4 3 2 1 Kosakata Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi 4 3 2 1 Kelancaran Sangat lancar. Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi. 4 3 2 1 Pedoman Penskoran: NA= (Skor Perolehan)/(Skor Maksimal) X 4 Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Predikat Nilai Kompetensi Pengetahuan Keterampilan Sikap A 4 4 SB A- 3.66 3.66 B+ 3.33 3.33 B B 3 3 B- 2.66 2.66 C+ 2.33 2.33 C C 2 2 C- 1.66 1.66 D+ 1.33 1.33 K D- 1 1 ..........., .............................. 2013 Mengetahui Kepala SMA Guru Mata Pelajaran ________________________ _________________________ NIP. ... NIP. ... Lampiran 1: Instrumen Penilaian Sikap Spiritual Lampiran 2: Instrumen Penilaian Sikap Sosial Lampiran 3 : Instrumen Penilaian Pengetahuan Part One : Do instructions Choose the best answer They are they doing... Grouping place Seeing place Showing place Describing place Which word describes the Monas? This Monas is tall and sharp building in Jakarta 1 2 3 4 5 4 and 5 1 and 4 2 and 3 3 and 4 Which building that have desert? a. b. c. d. Borobudur temple ….. big building … the Indonesia. is & in are & at has & at is & on Lampiran 4 : Instrumen Penilaian Keterampilan Part Two : Do the instructions Ask what your friend’s interesting place in town. Reply your friend’s asking
0 komentar:
Posting Komentar