RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMP Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas/semester : VII/2 (dua) Materi Pokok : Teks Tulis Daftar Barang (list) Alokasi Waktu : 1x 40 menit KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori • Kompetensi Inti • Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi No. Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi 1. 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. 1.1.1 Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris 3. 3.6 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks label nama (label) dan daftar barang (list), sesuai dengan konteks penggunaannya. 3.6.1 Menentukan tujuan komunikatif teks 3.6.2 Mengidentifikasi struktur teks 3.6.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks 4. 4.7 Menyusun teks tulis label nama (label) dan daftar barang (list), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. 4.7.1 Menanyakan sifat dan ciri fisik label nama secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima 4.7.2 Menyatakan sifat dan ciri fisik label namasecara lisan dengan akurat, lancar danberterima 4.7.3 Menanyakan sifat dan ciri fisik label namasecara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima 4.7.4 Menyatakan sifat dan ciri fisik label namasecara tertulis denganakurat, runtut danberterima • Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat: • mengidentifikasi tujuan komunikatif teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru; • mengidentifikasi struktur teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru; • mengidentifikasi kata sifat yang terdapat dalam teks secara berkelompok; • mengidentifikasi kata kerja yang terdapat dalam teks secara berkelompok; • mengidentifikasi frase benda yang terdapat dalam teks secara berkelompok; • mengidentifikasi kata keterangan yang terdapat dalam teks secara berkelompok; • Materi Pembelajaran Fungsi Sosial : Mengenalkan, mengidentifikasi, menginventarisasi Struktur Teks : Nama benda, dengan atau tanpa jumlah Unsur Kebahasaan: • Artikel a, kata benda plural • Angka kardinal, 1 s.d. 100, one, two, three, … one hundred • Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi • Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan Topik: Benda-benda di sekitar rumah dan relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan. • Metode Pembelajaran • Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran • Media Gambarbenda, poster • Alat Realia benda, spidol warna. • Sumber Pembelajaran • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings the bell. Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif. Hal. 125. • Board of Studies New South Wales. 1998. English K-6 Modules. Sydney: Board ofStudies NSW. Hal. 85. • Amos E., Prescher E., & Raby J.1998. Winner Student Book 1. Jakarta: Pearson Education Asia Pte Ltd. 69. • Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah • www.google.com • Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran PENDAHULUAN(10MENIT) TAHAP KEGIATAN Salam/tegursapa • Apersepsi dan motivasi • Penyampaian tujuan pembelajaran • Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan KEGIATANINTI(25MENIT) Observing Questioning Associating Experimenting Networking Creating • Peserta didik mendengarkan berbagai nama dan daftar benda-benda di dalam rumah. (Task 1) • Peserta didik membaca berbagai nama dan daftar benda-benda di dalam rumah. (Task 2) • Peserta didik mempertanyakanperbedaan antar ucapan beberapa nama dan daftar benda-benda di dalam rumah. (Task 3) • Peserta didik mempertanyakantekanan kata beberapa nama dan daftar benda-benda di dalam rumah. (Task 4) • Peserta didik berlatih membaca mengenai nama dan daftar benda-benda di dalam rumah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan. (Task 5) • Peserta didik berlatih mendengarkan mengenai nama dan daftar benda-benda di dalam rumah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan. (Task 6) • Peserta didik berlatih menulis mengenai nama dan daftar benda-benda di dalam rumah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan. (Task 7) • Peserta didik berlatih menulis nama dan daftar benda-benda didalam rumah mereka(Task 8) PENUTUP (5 MENIT) Salam perpisahan • Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari. • Refleksi • Penugasan • Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang: tes product • Penilaian • Sikap spiritual • Teknik Penilaian : Tertulis • Bentuk Instrumen : Learning Journal • Kisi-kisi : No. Sikap/nilai Butir Instrumen 1. Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris Lampiran 1 • Instrumen: lihat Lampiran ... • Rubrik Penilaian Sikap Spiritual No Indikator Skor 1 Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank” 5 2 Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank” 4 3 Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank” 3 4 Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank” 2 5 Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank” 1 • Pedoman Penskoran: Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Predikat Nilai Kompetensi Pengetahuan Keterampilan Sikap A 4 4 SB A- 3.66 3.66 B+ 3.33 3.33 B B 3 3 B- 2.66 2.66 C+ 2.33 2.33 C C 2 2 C- 1.66 1.66 D+ 1.33 1.33 K D- 1 1 • Sikap sosial • Teknik Penilaian : Penilaian sejawat (antar teman) • Bentuk Instrumen : Lembar Peer Assessment • Kisi-kisi : No. Sikap/nilai Butir Instrumen • Memberikan penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab Lampiran Penilaian Sikap 1-3 • Instrumen: lihat Lampiran ... • Rubrik Penilaian Sikap Sosial Keterangan: always= 2 often= 1 seldom = 0,5 Contoh: Mencentang untuk seluruh pernyataan. Bila mencentang: = 2 + 2 + 2 = Skor 6 Bila mencentang: = 2 + 2 + 1 = Skor 5, dst. Bila mencentang: = 2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5 • Pedoman Penskoran Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Predikat Nilai Kompetensi Pengetahuan Keterampilan Sikap A 4 4 SB A- 3.66 3.66 B+ 3.33 3.33 B B 3 3 B- 2.66 2.66 C+ 2.33 2.33 C C 2 2 C- 1.66 1.66 D+ 1.33 1.33 K D- 1 1 • Pengetahuan • Teknik Penilaian : Tes Tertulis • Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda • Kisi-kisi : No. Indikator Butir Instrumen • Disajikanbeberapa nama-nama benda, siswa mampu menentukan fungsi sosial (mengenalkan) label dan daftar barang dengan tepat Soal No. 1 • Disajikan sebuah gambar dan nama benda-benda, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan tepat. Soal No. 2 • Disajikan sebuah kalimat dengan beberapa kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan kata sifatnya dengan tepat Soal No. 3 • Disajikan sebuah kalimat dengan beberapa kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan jumlah bendanya dengan tepat Soal No. 4 • Disajikan pertanyaan yang mengandung nama ruangan tertentu, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat. Soal No. 5 • Disajikan pertanyaan yang mengandung ciri-ciri fisik benda, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat. Soal No. 6 • Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan jumlah benda menggunakan angka kardinal angka kardinal dengan tepat. Soal No. 7 • Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan jumlah benda menggunakan angka kardinal angka kardinal dengan tepat. Soal No. 8 • Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan jumlah benda penggunaan artikel a, an dan the dengan tepat. Soal No. 9 • Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan jumlah benda penggunaan artikel a, an dan the dengan tepat. Soal No. 10 • Instrumen: lihat Lampiran ... • Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu) Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Predikat Nilai Kompetensi Pengetahuan Keterampilan Sikap A 4 4 SB A- 3.66 3.66 B+ 3.33 3.33 B B 3 3 B- 2.66 2.66 C+ 2.33 2.33 C C 2 2 C- 1.66 1.66 D+ 1.33 1.33 K D- 1 1 • Keterampilan • Teknik Penilaian : Unjuk Kerja • Bentuk Instrumen : Tes Keterampilan Mendengarkan, dan Mengamati gambar. • Kisi-kisi: No. Keterampilan/Indikator Butir Instrumen • Diperdengarkan sebuah teks sederhana tentang macam-macam barang serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang didaftar dengan tepat. Soal No. 1 • Diperdengarkan sebuah teks sederhana tentang macam-macam barang serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang didaftar dengan tepat. Soal No. 2 • Disajikan sebuah gambar, siswa dapat mengiventarisasi benda-benda yang ada di dalam ruangan dengantepat. Soal No. 5 • Disajikan daftar list, siswa dapat mendaftar benda-benda yang ada di kamar tidur masing-masing dengan tepat. Soal No.A • Disajikan label nama, siswa dapat melabel benda-benda yang ada di kamar tidur masing-masing dengan tepat. Soal No. B • Instrumen: lihat Lampiran ... • Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 1 – 2 Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu) Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Predikat Nilai Kompetensi Pengetahuan Keterampilan Sikap A 4 4 SB A- 3.66 3.66 B+ 3.33 3.33 B B 3 3 B- 2.66 2.66 C+ 2.33 2.33 C C 2 2 C- 1.66 1.66 D+ 1.33 1.33 K D- 1 1 • Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis soal No. 3, 4 dan 5 Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu) Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Predikat Nilai Kompetensi Pengetahuan Keterampilan Sikap A 4 4 SB A- 3.66 3.66 B+ 3.33 3.33 B B 3 3 B- 2.66 2.66 C+ 2.33 2.33 C C 2 2 C- 1.66 1.66 D+ 1.33 1.33 K D- 1 1 • Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis lampiran 4 part three bagian A dan B. No Aspek yang Dinilai Kriteria Skor 1 Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan 100% isi sesuai 5 80% isi sesuai 4 60% isi sesuai 3 40% isi sesuai 2 20% isi sesuai 1 2 Pilihan kata 100% pilihan kata tepat 5 80% pilihan kata tepat 4 60% pilihan kata tepat 3 40% pilihan kata tepat 2 20% pilihan kata tepat 1 3 Keterpaduan kalimat 100% kalimat terpadu dan runtut 5 80% kalimat terpadu dan runtut 4 60% kalimat terpadu dan runtut 3 40% kalimat terpadu dan runtut 2 20% kalimat terpadu dan runtut 1 4 Penulisan kosa kata 100% penulisan kosa kata tepat 5 80% penulisan kosa kata tepat 4 60% penulisan kosa kata tepat 3 40% penulisan kosa kata tepat 2 20% penulisan kosa kata tepat 1 5 Ketepatan tata bahasa 100% penggunaan tata bahasa tepat 5 80% penggunaan tata bahasa tepat 4 60% penggunaan tata bahasa tepat 3 40% penggunaan tata bahasa tepat 2 20% penggunaan tata bahasa tepat 1 6 Originalitas penulisan 100% tulisan hasil pemikiran sendiri 5 80% tulisan hasil pemikiran sendiri 4 60% tulisan hasil pemikiran sendiri 3 40% tulisan hasil pemikiran sendiri 2 20% tulisan hasil pemikiran sendiri 1 • Pedoman Peskoran: Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Predikat Nilai Kompetensi Pengetahuan Keterampilan Sikap A 4 4 SB A- 3.66 3.66 B+ 3.33 3.33 B B 3 3 B- 2.66 2.66 C+ 2.33 2.33 C C 2 2 C- 1.66 1.66 D+ 1.33 1.33 K D- 1 1 ..................., .............................. 20... Mengetahui Kepala SMP... Guru Mata Pelajaran _______________________ _________________________ NIP. ... NIP. ...
0 komentar:
Posting Komentar